Pages

SEJARAH KAB HULU SUNGAI SELATAN

Jumat, 28 Maret 2014

Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibukota sekaligus pusat pemerintahan terletak di Kandangan. Hulu Sungai Selatan memiliki luas sekitar 1.703 km² dan berpenduduk sekitar 212.485 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010).

Kabupaten Hulu Sungai Selatan memiliki 148 Desa dan 11 kecamatan, yaitu Kecamatan Padang Batung, Kecamatan Loksado, Kecamatan Telaga Langsat, Kecamatan Angkinang, Kecamatan Kandangan, Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Simpur, Kecamatan Kalumpang, Kecamatan Daha Selatan, Kecamatan Daha Barat dan Kecamatan Daha Utara.
 
Dari arah utara melingkar ke arah barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan di aliri oleh Sungai Amandit bermuara ke Sungai Negara (anak sungai Barito) yang berfungsi sebagai sarana prasarana perhubungan dalam kabupaten dan ke kabupaten lainnya. Sungai Amandit mempunyai dua cabang sungai, yaitu Sungai Bangkan dan Sungai Kalumpang.

Komoditi unggulan Kabupaten Hulu Sungai Selatan yaitu sektor pertanian dan jasa. Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah sub sektor tanaman perkebunan dengan komoditi kelapa Sawit, Kakao, Karet, Kopi, Kelapa, dan Cengkeh. Sub sektor Pertanian komoditi yang diunggulkan berupa Jagung dan Ubi Kayu. sub sektor jasa Pariwisatanya yaitu wisata alam dan budaya.
Informasi lengkap mengenai sejarah kab Hulu Sungai Selatan bisa anda klik disini

0 komentar:

Posting Komentar