Pages

DAPUR NAGARA

Selasa, 29 April 2014


Nagara - Sebuah sebuatan wilayah yang sekarang mencakup tiga Kecematan di Hulu Sungai Selatan, yaitu ; Kecamatan Daha Selata, Daha Utara dan Daha Barat. Nagara terkenal dengan daerah industri barang'' tradisional. Nagara memiliki beragam kerajinan tangan dan produk olahan makanan seperti senjata tajam pedang, golok, keris, mandau, peralatan memasak, logam kuningan, ikan sepat kering, abon ikan, kerupuk ikan, aneka cemilan dllnya masih banyak. Dan salah satu yang menjadi iconnya adalah Dapur Nagara. Desa Bayanan Kecamatan Daha Selatan salah satu sentral produksi kerajinan gerabah ini. Hasil produksi andalannya adalah dapur alat masak dari gerabah dengan menggunakan kayu sebagai bahan bakarnya. Selain itu, hasil kerajinan gerabahnya bukan hanya dapur saja, tetapi  ada aneka kerajinan lain seperti celengan, guci, dan miniatur.  Celengan biasanya berbentuk buah-buahan dan boneka. Kalau celengan boneka biasanya berbentuk tokoh animasi di film kartu misalnya Hello Kitty, SpongeBob dan Patrick.

Dapur Nagara ini menyebar keseluruh daerah di Kalimantan Selatan masuk ke dapur-dapur rumah  masyarakat dan menjadi primadona pada masanya. Pada masa sekarang Dapur Nagara tentunya menghadapi tantangan berat akan keberadaannya, dengan kemajuan zaman adanya kompor minyak tanah apalagi sekarang ada program pemerintah "Program konversi penggunaan minyak tanah ke elpiji 3 kg" membuat Dapur Nagara semakin terpinggirkan. 

Program konversi minyak tanah ke elpiji dimulai di tahun 2007 atau 7 tahun lalu. Saat itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengamanatkan ke beberapa Kementerian untuk melakukan konversi ke 58 juta kepala keluarga (KK) melalui PT Pertamina (Persero). Di tahun ini, target 58 juta KK hampir tercapai. Namun jumlah tersebut belum mencakup KK yang sebagian besar tinggal di kawasan Indonesia timur. 

Akankah suatu ketika Dapur Nagara hanya menjadi kenangan ?

0 komentar:

Posting Komentar