Pages

ROADSHOW INTERNET SEHAT DISHUBKOMINFO PROV.KALIMANTAN SELATAN

Rabu, 30 April 2014



Kandangan, Pada Selasa, 22 April 2014 Dishubkominfo Kalimantan Selatan berkerja sama dengan Dishubkominfo Kabupaten Hulu Sungai Selatan serta dengan Relawan TIK KalSel dan juga Relawan TIK Kab HSS mengadakan Sosialisasi Teknis Internet Sehat  yang berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Sosialisasi ini diikuti berbagai elemen masyarakat seperti guru, pemuda, pelajar, dan aparatur desa. Ada data pengguna Internet Indonesia sejak 1998 terdapat lebih kurang 500.000 orang, dan mengalami perkembangan pesat menjadi 55 juta orang di tahun 2011.
Dari jumlah pengguna yang cukup besar ini memiliki banyak perbedaan pemahaman dalam menggunakan Internet. Di sisi lain, tidak sedikit bahaya tersembunyi di balik Internet yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan penggunanya, seperti cyberbullying, konten illegal, phising, pelanggaran hak cipta, berita bohong, kekerasan dan penculikan, data privasi, hingga penyebaran foto atau video pribadi. Untuk itu pemerintah melalui Kemenkominfo memiliki strategi nasional untuk mengantisipasi kejahatan teknologi informasi, yang dilakukan melalui pendekatan teknologi, hukum, serta socio cultural. Sehingga menjadi penting untuk pendidikan serta pembinaan terhadap anak/pemuda dalam penggunaan internet ke arah positif. 
Kemudian Pengurus Cabang Relawan TIK Kabupaten Hulu Sungai Selatan resmi dikukuhkan oleh Dishubkominfo pada kegiatan ini. Kegiatan pemberdayaan Desa Informatika dilakukan pendampingan nantinya oleh Relawan TIK Kab Hulu Sungai Selatan. Selama ini Pemanfaatan Teknologi Informasi khusus nya Internet dimasyarakat masih ada yang belum begitu paham hal positif yang ada di Internet, karena masyarakat berpikiran bahwa Internet itu banyak negatif nya salah satu nya pornografi.



0 komentar:

Posting Komentar