Pages

PERMAINAN BALOGO

Kamis, 03 April 2014
Masih ingat kah Anda permainan Balogo ini. Permainan Balogo ini sering dimainkan anak-anak, remaja, dan para orang tua juga, baik laki-laki maupun perempuan. Namun seiring waktu yang berjalan kita sudah jarang melihat permainan ini bahkan tidak ada lagi dipermainkan oleh masyarakat. Permainan ini hilang begitu mudahnya, sangat disayangkan sekali. Padahal ini sebuah warisan yang nilainya sangat mahal sekali.
Balogo adalah salah satu permainan tradisional kita suku Banjar Kalimantan Selatan. Balogo diambil kata dari logo karena permainan ini menggunakan benda yang berbentuk seperti logo. Permainan ini sering dilakukan di kalangan masyarakat banjar pada zaman dahulu sebelum Teknologi secanggih ini. Namun pada saat ini sudah mulai tersisihkan oleh permainan beragam elektronik yang canggih.
Logo terbuat dari bahan tempurung kelapa dan ada juga terbuat dari plastik dengan ukuran garis tengah sekitar 5-7 cm dan tebal antara 1-2 cm dan kebanyakan dibuat berlapis dua yang direkatkan dengan bahan plastik, aspal atau dempul supaya berat dan kuat. Bentuk alat logo ini bermacam-macam, ada yang berbentuk bidawang (bulus), biuku (penyu), segitiga, bentuk layang-layang, daun dan bundar.
 
Dalam permainnannya harus dibantu dengan sebuah alat yang disebut panapak atau kadang-kadang beberapa daerah ada yang menyebutnya dengan campa ,yakni stik atau alat pemukul yang panjangnya sekitar 40 cm dengan lebar 2 cm. Fungsi panapak atau campa ini adalah untuk mendorong logo agar bisa meluncur dan merobohkan logo pihak lawan yang dipasang saat bermain.
JANGAN DIBIARAKAN BUDAYA INI HILANG
Sumber foto : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab HSS pada acara tahun 2011

0 komentar:

Posting Komentar