Pages

KERUPUK BAMBAN

Kamis, 27 Maret 2014
Kandangan kab Hulu Sungai Selatan di desa Bamban kec Angkinang terdapat sejumlah toko-toko di sepanjang jalan menjual Kerupuk dengan berbagai rasa dan bentuk. Nama desa itu Bamban sehingga orang menyebutnya Kerupuk Bamban. Kerupuk Bamban adalah asli buatan orang Bamban yang bahannya terbuat dari singkong, ikan, kacang, bawang, dan dll. Usaha kerupuk ini sudah mulai sejak lama sekali dan berkembang sampai saat ini tahun 2014. Untuk harga kerupuk bamban sangat murah sekali.

Desa Bamban ini merupakan desa yang langsung berbatasan  dengan  Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Kabupaten Hulu Sungai Selatan memang merupakan kabupaten yang  kaya dengan beragam produk makanan dan home industri. Hulu Sungai Selatan terkenal dengan dodol kandangan, katupat kandangan, gumbili nagara, lamang kandangan, iwak sapat kering, kacang atum kapuh dll.
Di Bamban mungkin berkembang lebih dari 25 home industri pembuatan kerupuk. Sehingga tidak heran kalau hampir sepanjang jalan di desa ini – dan hampir semua rumah dipinggiran jalan menjual kerupuk bamban. Sebenarnya  ragam kerupuk yang dihasilkan di desa Bamban ini sangatlah beragam, baik beragam rasa (rasa bawang, ketumbar, pedas manis, pedas, manis dll) beragam kerupuk (tebal, tipis dll) dan juga beragam warna,
Pemerintah Daerah Kab. HSS sangat mendukung Home industri ini bahkan melakukan pembinaan, salah satu dukungan adalah di desa ini didirikan kios dengan model khas untuk berjualan kerupuk Bamban. Fasilitas yang dibangun Pemkab itu disediakan secara Cuma-Cuma. Para penggiat Kerupuk Bambam hanya menempatkan barangnya, menyediakan listrik dan tentunya memilihara fasilitas tersebut.
Kerupuk ini ada yang dijual mentah dan ada juga yang dijual sudah di goreng (masak). Untuk 1 bungkus standar, kerupuk bamban ini dihargai Rp. 3.000, dan ini merupakan harga yang cukup murah, karena kalau sudah dimasak maka kerupuknya akan menjadi banyak, enak dan gurih untuk camilan dan juga untuk makan.
 
 

0 komentar:

Posting Komentar